by

3 Tahap Budidaya Bibit Durian Berkualitas

bibit durianBibit durian semakin di minati masyarakat untuk bisa di budidayakan sendiri di lingkungan mereka sendiri. Dengan berbekal lahan tanah yang memadai dan cocok serta pengetahuan dan sedikit pengalaman mengenai budidaya dari buah durian mereka berani untuk mengambil langkah membudidayakan buah durian yang kata orang gampang-gampang susah. Karena meskipun kita sudah memiliki pengetahuan seabrek sekalipun jika ternyata lahan yang kita miliki atau bibit yang kita pilih ternyata bukanlah yang terbaik maka tetap saja usaha kita tidak akan membuahkan hasil yang memuaskan. Maka sangat di perlukan adanya penelitian terlebih dahulu secara menyeluruh sebelum di lakukan budidaya buah durian, apalagi untuk jumlah yang besar tentu agar supaya Anda tidak kecewa di kemudian hari.

Beberapa Tahapan Penting Dalam Budidaya Bibit Durian Unggul

Bibit durian unggul dan berkualitas bisa berbuah dengan maksimal dan memuaskan hanya jika Anda bisa mengetahui dan melaksanakan beberapa tahap penting yang ada di dalam budidaya bibit buah durian tersebut. Sebagian orang menganggap beberapa tahapan ini tidaklah begitu penting sehingga banyak yang mengabaikan tahapan ini. Padahal jika tahapan ini bisa Anda lakukan dengan baik maka hasil yang maksimal dan memuaskan bisa Anda dapatkan.

Di bawah ini adalah beberapa tahapan penting dari budidaya bibit buah durian yang sangat perlu untuk Anda perhatikan dan lakukan dengan baik.

  • Penanaman

Masa untuk menanam bibit buah durian unggul yang paling baik adalah pada waktu musim hujan. Karena di musim hujan tanaman akan mendapatkan asupan air yang cukup sehingga memiliki pertumbuhan yang baik.

  • Penyiraman

Proses penyiraman tanaman di lakukan dari mulai sejak bibit buah durian di tanam hingga tanaman mulai berbunga. Lalu setelah tanaman berbunga, penyiraman bisa mulai di kurangi jumlahnya agar bunga tidak gugur. Waktu penyiraman yang terbaik adalah di pagi hari.

  • Pemangkasan

Agar supaya tanaman buah durian tidak terganggu pertumbuhannya maka perlu di lakukan pemangkasan daun-daunan yang sudah mengering dan mati atau terkena hama penyakit. Setelah tanaman tumbuh sekitar 4 hingga 5 meter, pucuk tanaman bisa di pangkas agar supaya tumbuhnya maksimal. Demikian beberapa tahapan penting dalam budidaya bibit durian.

Related posts: