by

Apa Saja Faktor Penyebab Katarak?

penyebab katarakKatarak merupakan penyebab utama berkurangnya penglihatan. Sayangnya, jumlah penderita penyakit katarak semakin bertambah setiap tahunnya. Saat ini jumlah penderita penyakit ini di dunia yaitu sebesar 17 juta orang. Dan diperkirakan masih mengalami peningkatan. Penyakit ini dapat menyerang orang dewasa bahkan kaum muda dan anak-anak juga dapat terserang penyakit ini. Penyebab katarak ada banyak macamnya. Katarak sendiri merupakan penyakit yang membuat lensa mata yang biasanya jernih menjadi keruh. Menurut WHO, jumlah penderita kebutaan di dunia mencapai 45 juta. Sementara itu satu per tiganya berada si Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri diperkirakan terdapat satu orang yang menjadi buta setiap menitnya.

Bahaya Risiko Penyebab Katarak

Penyakit katarak merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kebutaan pada mata. Penyakit ini harus ditangani sedini mungkin, karena penyakit ini akan terus bertambah buruk jika tidak diobati. Penyakit ini mempunyai gejala seperti penderita akan mempunyai penglihatan yang buram, sensitivitas kontras pada penderita juga berkurang, kemudian ketajaman penglihatan juga akan berkurang. Hal tersebut membuat warna bayangan, kontur dan visi kurang jelas karena cahaya tersebar oleh katarak ke mata. Jika mendapatkan tAnda-tAnda yang disebutkan sebaiknya segera pergi ke dokter spesialis untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Penyebab katarak ada berbagai faktor diantaranya karena infeksi, karena merokok dan dapat juga karena terlalu lama terkena paparan sinar matahari.

Salah satu penyebab katarak yaitu faktor genetik, karena terdapat sejarah keluarga yang positif terkena penyakit katarak. Penyakit ini juga dapat disebabkan karena denaturasi protein, protein yang seharusnya mampu melindungi mata justru terdenaturasi. Tidak hanya faktor genetik saja yang dapat menyebabkan penyakit ini, tetapi lingkungan juga dapat mempengaruhi. Orang yang mempunyai risiko  terkena katarak adalah orang yang berusia di atas 40 tahun, kemudian penderita diabetes yang cenderung mempunyai angka kadar gula darah tinggi juga dapat dapat terkena katarak, mengkonsumsi alkohol berlebih dan juga sering bekerja di bawah sinar juga dapat terkena risiko penyakit katarak. Demikian informasi mengenai penyakit katarak, semoga bermanfaat.

Related posts: