by

Apa Sih Petroleum Jelly Itu?

Trend kecantikan sekarang ini yaitu menggunakan petroleum jelly yang dapat dibeli di supermarket terdekat. Sebelumnya, apakah Anda tahu apa sih petroleum jelly itu? Jadi, petroleum jelly merupakan campuran dari beberapa bahan seperti lilin micro crystalline, paraffin, dan mineral oil yang dilebur dalam bentuk gel. Tekstur dari petroleum jelly sendiri halus dan biasanya berwarna off white. Ada banyak kegunaan petroleum jelly yang bisa Anda gunakan, seperti melembabkan bagian tubuh yang kering.

Amankah Digunakan Untuk Perawatan Kulit?

Jika Anda ingin menggunakan petroleum jelly untuk menjaga kelembaban kulit, produk ini aman digunakan. Dalam proses pembuatannya, petroleum jelly ini tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya.

Seperti produk kecantikan lainnya, selama Anda menggunakannya sesuai dengan ketentuan yang ada, petroleum jelly ini tidak akan berbahaya untuk kulit Anda. Meskipun tidak ada kandungan bahan kimia di dalamnya, bukan berarti bahwa Anda bisa memakainya seenaknya saja. Tetap, Anda harus menggunakannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Menggunakan sesuatu secara berlebihan memang tidak baik entah itu untuk kulit ataupun kesehatan Anda.

Benarkah Petroleum Jelly Dapat Menyebabkan Kanker?

Meskipun petroleum jelly tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya, Anda perlu tahu bahwa salah satu bahan untuk membuat produk kecantikan ini yaitu petrolatum atau minyak mineral. Minyak mineral ini merupakan hasil penyulingan dari minyak bumi yang memang digunakan untuk bahan kosmetik.

Dengan kata lain, petroleum jelly ini masih termasuk golongan minyak bumi. Seperti minyak lainnya, minyak mineral ini sangat sulit dibersihkan dari permukaan apapun begitu pula dengan kulit kita. Cara membersihkannya juga membutuhkan cairan khusus lainnya agar minyak tersebut bisa terhapus dengan baik.

Coba bayangkan jika Anda menggunakan produk kecantikan ini dalam waktu yang lama. Minyak yang terkandung di dalamnya akan menyerap ke pori-pori dan masuk ke tubuh Anda setiap saat Anda menggunakannya. Ada studi yang telah membuktikan bahwa minyak mineral ini dikaitkan dengan kanker.

Jadi, ada baiknya jika Anda lebih bijak dalam penggunaan petroleum jelly ini. Janganlah terlalu sering menggunakannya. Gunakanlah disaat Anda sedang membutuhkannya saja untuk meminimalisir dampak buruk dari produk kecantikan ini.

Related posts: