by

Beberapa Tahapan dari Pengolahan Air Bersih yang Sederhana

pengolahan air bersihNamanya proses pengolahan air bersih, pasti itu merupakan sebuah proses untuk menjadikan air alam agar lebih bersih dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mengetahui bagaimana proses dari pengolahan tersebut tentu merupakan hal yang cukup penting. Pasalnya kita manusia akan selalu berhubungan dengan alam. Sehingga harus mengerti bagaimana cara memanfaatkan kekayaan alam tersebut untuk digunakan pada kehidupan sehari-hari. Untuk mendapatkan air yang bersih, ada beberapa tahapan yang harus diupayakan. Tidak perlu yang terlalu ribet, hanya dengan menggunakan cara sederhana pun air alam sudah bisa menjadi bersih dan bisa dikonsumsi. Untuk mengetahui proses lebih lengkapnya, bacalah artikel di bawah.

Tahapan dalam Pengolahan Air Bersih

Untuk tahap pengolahan air bersih paling pertama ada intake. Beberapa lokasi dari intake ini seperti sungai, danau, waduk dan air tanah. Kemudian untuk jenis-jenis dari intake ada tower, crib, pipe sumur dangkal dan lain sebagainya. Tahap pengolahan air yang kedua ada koagulasi. Koagulasi ini merupakan sebuah proses dari penggumpalan partikel koloid. Penggumpalan tersebut terjadi karena adanya penambahan bahan kimia. Dengan begitu akan menjadikan partikel-partikelnya bersifat netral serta membentuk endapan dikarenakan terdapat gaya gravitasi. Tahap pengolahan yang selanjutnya ada flokulasi. Flok yang berukuran kecil dan yang telah terbentuk di dalam koagulator akan diperbesar disini. Sejumlah faktor yang dapat memberi pengaruh bentuk floknya yakni kekeruhan di air baku, pH, alkalinitas, lamanya pengadukan serta bahan koagulan yang digunakan.

Tahapan berikutnya ada sedimentasi. Sedimentasi ini merupakan proses memisahkan partikel dengan cara gravitasi. Pengendapan zat-zat padat yang ada di dalam air bisa tergolong menjadi proses pengendapan diskrit, pengendapan flokulen, pengendapan zone, dan juga pengendapan kompresi. Selanjutnya ada proses filtrasi. Filtrasi merupakan proses mengalirkan air hasil dari sedimentasi melalui media pasir. Kemudian ada desinfeksi untuk yang berikutnya. Desinfeksi adalah penambahan senyawa khlor aktif di dalam air minum. Ini bertujuan agar bakteri yang ada bisa terbunuh dan hilang. Dan untuk pengolahan air bersih yang terakhir dengan reservoir. Ini merupakan proses yang digunakan di system distribusi. Fungsinya sebagai perata aliran, mengatur tekanan serta digunakan untuk keadaan yang darurat.

Related posts: