by

Budidaya Kelapa Sawit dan Pemilihan Bibit

budidaya kelapa sawitLayaknya budidaya tanaman lainnya, pemilihan bibit terbaik juga sangat dibutuhkan dalam memulai budidaya kelapa sawit. Bibit yang unggul diharapkan akan menghasilkan tanaman yang unggul pula. Untuk itu, memilih bibit yang memiliki kualitas tinggi memanglah sudah menjadi hal wajib bagi para petani. Faktor yang menentukan apakah bibit tersebut adalah bibit yang unggul atau  bukan pun sangatlah banyak. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli bibit kelapa sawit yang akan Anda gunakan untuk memulai budidaya tanaman kelapa sawit di lahan Anda, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu faktor pemilihan bibit unggul untuk kelapa sawit. Simak penjelasan berikut ini.

Budidaya Kelapa Sawit dan Cara Memperoleh Bibit Unggul

Dalam memperoleh bibit unggul untuk memulai budidaya kelapa sawit, memang memerlukan beberapa faktor yang patut untuk diperhatikan. Sebagai contohnya, Anda harus memperhatikan tempat atau sumber dimana Anda akan membeli bibit tersebut. Pastikan jika Anda membeli bibit kelapa sawit di tempat yang memiliki kualifikasi resmi dari pemerintah atau badan terpercaya untuk menjual bibit kelapa sawit. Jika bibit tersebut merupakan bibit unggul, maka Anda akan mendapatkan bibit yang tahan terhadap serangan penyakit. Bukan hanya itu, olahan minyak yang dihasilkan pun akan memiliki kualitas yang cukup baik. Jadi, jangan lupa untuk mempertimbangkan sumber Anda dalam membeli bibit kelapa sawit tersebut.

Dalam memilih dan menanam bibit kelapa sawit agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa faktor. Sebagai contohnya, penanaman sebuah pohon kelapa sawit harus diberi jarak sebesar kira-kira 9×9 meter. Selain itu, akan lebih baik juga jika Anda mempertimbangkan usia bibit tersebut saat akan ditanam. Pastikan bahwa Anda memilih bibit yang usianya berada pada kisaran 8 bulan hingga 18 bulan saat akan ditanam. Dengan demikian, hasil dari panen yang diharapkan pun bisa mendapatkan angka yang paling maksimal. Untuk itu, jangan segan untuk memilih bibit yang paling baik jika memang ingin mendapatkan hasil terbagi dari usaha budidaya kelapa sawit yang akan Anda rintis.

Related posts: