by

Cara Memperbanyak ASI Alami Ibu Menyusui

cara memperbanyak asi alamiMasalah utama yang sering dialami oleh Ibu yang baru saja melahirkan sang buah hati adalah sedikitnya tingkat produksi ASI hal ini terutama dialami oleh para Ibu muda yang baru saja melahirkan anak pertamanya. Berbagai macam cara memperbanyak ASI alami pun telah dilakukan demi melancarkan produksi ASI. Hal tersebut dilakukan demi memenuhi kebutuhan dan asupan gizi bagi sang buah hati tercinta. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa manfaat ASI bagi bayi sangatlah banyak. Berdasarkan berbagai macam penelitian, air susu Ibu atau ASI mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi perkembangan si bayi, baik perkembangan fisi maupun mental. Dengan mengonsumsi ASI secara rutin, maka seorang bayi akan tumbuh dengan sehat dan ikatan emosional antara Ibu dan bayi pun akan semakin terjalin selama proses menyusui.

Cara Memperbanyak ASI Alami Tanpa Obat Atau Suplemen Tambahan

Berbagai macam cara memperbanyak ASI alami antara lain:

  1. Rajin Membersihkan Puting Susu Dan Melakukan Pemijatan

Untuk memperbanyak ASI, rajinlah untuk membersihkan puting susu dengan cara memilin-milin puting secara perlahan terutama pada bagian lipatan-lipatan yang ada di ujung puting. Selain itu, lakukan juga pemijatan pada payudara dengan beberapa gerakan yang dianjurkan. Pemijatan pada payudara akan meningkatkan sirkulasi darah serta merangsang pembentukan ASI.

  1. Istirahat Yang Cukup Dan Hindari Stres

Meskipun harus disibukkan dengan merawat si bayi, namun seorang Ibu juga jangan sampai melupakan kesehatannya sendiri. Jadi, luangkanlah waktu untuk beristirahat sebanyak mungkin. Selain itu, tetaplah tenang saat menghadapi bayi yang rewel. Dengan istirahat yang cukup dan menghindari stres, maka produksi ASI pun akan berjalan lancar dan jumlahnya akan semakin meningkat.

Kedua cara di atas bisa diterapkan bagi Anda yang ingin meningkatkan kuantitas produksi ASI. Cara memperbanyak ASI alami tersebut sangatlah mudah dilakukan sehari-hari. Selain dua cara yang telah disebutkan di atas, faktor yang tidak kalah penting yang mempengaruhi produksi ASI si Ibu adalah asupan gizi yang diberikan kepada si Ibu. Jadi, si Ibu haruslah mengonsumsi berbagai macam makanan bergizi serta menghindari jenis makanan tertentu yang bisa menghambat produksi ASI.

Related posts: