by

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Memahami Penyebab Obesitas

cara menurunkan berat badanBerikut ini kami hadirkan cara menurunkan berat badan dengan terlebih dahulu memahami penyebab naiknya berat badan. Berat badan berlebihan atau obesitas tidak hanya diakibatkan karena masalah pola makan. Ada kalanya berat badan naik akibat kebiasaan buruk yang Anda anggap sebagai kebiasaan sehat, terutama mengenai info-info yang tidak jelas rujukan ilmunya. Oleh karena itu, untuk mengatasi berat badan berlebih, kita harus identifikasi dulu apa yang menyebabkan berat badan Anda naik. Sehingga program diet Anda menjadi lebih efektif.

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Memahami Penyebab Naiknya Berat Badan

Sebelum membahas cara menurunkan berat badan, sebaiknya Anda mengetahui sebab-sebab berat badan naik, agar program diat Anda lebih efektif. Salah satu penyebab berat badan naik adalah stress. Stress banyak menyerang manusia di zaman sekarang ini. Stress dapat menyebabkan berbagai masalah serius bagi kesehatan, misalnya impotensi, ejakulasi dini, dan penurunan berat badan. Berat badan yang turun karena stress bukanlah hal yang sehat, karena bisa jadi fase awal dari obesitas. Proses bio kimia di dalam tubuh saat stress akan terangsang, sehingga memperlambat metabolisme tubuh. Tubuh yang stress juga akan menghasilkan hormon kartisol berlebihan yang dapat meningkatkan nafsu makan. Berat badan juga bisa naik karena faktor usia. Biasanya mulai umur 40 tahun, proses pembakaran kalori menjadi berkurang akibat menurunnya aktivitas tubuh. Dalam keadaan seperti ini, berat badan tubuh akan cepat naik saat terkena makanan yang tinggi lemak. Oleh karena itu, jika memasuki usia 40 tahun, sebaiknya Anda mulai menghindari makanan berlemak dan olahraga secara rutin.

Makanan bergula juga dapat menjadikan peningkatan berat badan. Softdrink merupakan sejenis minuman yang banyak mengandung gula. Kondisi medis juga dapat mempengaruhi bertambahnya berat badan. Misalnya kurangnya produksi hormon tiroid atau hipotiroidisme. Gejala penyakit hipotiroidisme ditandai oleh porsi tidur yang terlalu banyak sehingga merasa lelah, letih, lesu. Obat-obatan seperti obat sakit kepala, diabetes, hipertensi, dan sebagainya dapat membuat berat badan meningkat. Dengan mengetahui penyebab tersebut, diharapkan Anda dapat mengidentifikasi penyebab mana yang menjadikan Anda bertambah berat badan. Dengan demikian, cara menurunkan berat badan Anda bisa lebih efektif.

Related posts: