by

Hidup Sehat bersama Sepeda

tips kesehatanBersepeda merupakan salah satu dari jenis cabang olahraga yang cukup menarik. Sepeda merupakan alat transportasi roda dua yang digerakkan secara manual dengan kaki. Sepeda sebagai alat transportasi saat ini telah tergeser fungsinya karena munculnya alat-alat transportasi yang lebih canggih, lebih mudah, dan lebih cepat. Walaupun demikian, fungsi sepeda sebagai alat olahraga tidak pernah ter geserkan. Banyak juga orang yang masih menggunakan sepeda untuk alat transportasi di waktu santai, ada juga yang menjadikannya hobi, bahkan ada yang membentuk komunitas pesepeda.

Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan

Bersepeda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Di antaranya adalah membuat otot bawah seperti paha, betis, dan pinggul menjadi kencang. Bersepeda juga dapat membakar kalori sampai 300 kalori hingga 700 per jamnya. Oleh karena itu, olahraga ini sangat bermanfaat bagi sedang melakukan program. Di samping itu, bersepeda juga mampu menaikkan volume paru-paru hingga 50 persen, sehingga dapat menampung oksigen lebih banyak. Bersepeda sangat dianjurkan bagi para obesitas, karena olahraga ini lebih aman daripada olahraga dengan melompat atau berlari. Selain itu, olahraga ini juga bermanfaat bagi penderita penyakit jantung. Olahraga bersepeda juga bermanfaat untuk kesehatan fisik, pikiran, dan jiwa. Di samping mengolah fisik, bersepeda di lokasi yang memiliki pemandangan indah dengan udara yang sejuk dapat membuat pikiran tenang dan lebih bahagia.

Sebelum bersepeda, periksa ban dan rem agar selalu dalam keadaan aman, sehingga Anda terhindar dari kecelakaan dan gangguan perjalanan lainnya. Sebelum mulai bersepeda, sebaiknya Anda melakukan peregangan, khususnya pada otot-otot bawah. Sebaiknya juga Anda menggunakan helm, sarung tangan, kaos kaki, sepatu, kacamata dan alat-alat penunjang keselamatan yang lain. Mengawali bersepeda, kayuhlah dengan kecepatan pelan sampai lima hingga sepuluh menit sebagai pemanasan. Waktu sedang mengayuh, kayuhlah pedal sepeda secara penuh satu putaran. Untuk mendapatkan manfaat maksimal bagi kesehatan, gunakan kecepatan dua puluh tujuh Km per jam dengan putaran roda tujuh puluh rpm. Untuk mengakhiri olahraga bersepeda, kayuhlah sepeda Anda dengan pelan sekitar sepuluh menit untuk pendinginan.

Related posts: