by

Hindari Penggunaan AC Setiap Hari!

Large-940x620-8_revise_20an

Udara panas di sekitar kita memang menjadi hal yang sangat mengganggu dan membuat tubuh terasa tidak nyaman karena suhu tubuh menjadi naik. Maka, penggunaan Air Conditioner atau biasa disebut AC menjadi solusi bagi sejumlah orang baik itu di tempat kerja atau di rumah terutama di kamar tidur untuk mengatur suhu yang ada pada ruangan tersebut agar lebih terasa nyaman. Penggunaan AC menjadi semakin sering karena suhu yang menjadi semakin panas saat ini. Namun ternyata, penggunaan AC yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan dampak kesehatan pada tubuh kita.

Dampak-dampak Penggunaan AC yang Berlebihan

Anda tentu tahu bahwa AC mengeluarkan suhu dingin yang membuat tubuh terasa nyaman. Namun suhu dingin ternyata dapat membuat sejumlah gangguan syaraf pada area tubuh. Pertama, suhu dingin yang dikeluarkan AC dapat membuat wajah menjadi tidak simetris karena syaraf wajah mengalami pembengkakan. Penyakit ini sering disebut Bell’s palcy. Selanjutnya udara yang dingin akan membuat leher menjadi kaku tegang dan pegal karena udara yang dihembuskan membuat aliran darah pada sekitar leher menjadi terganggu sehingga menimbulkan rasa pegal. Lalu, tangan dan kaki akan merasakan kesemutan karena suhu udara yang rendah membuat mati rasa dan kesemutan.  Kemudian, gangguan pernafasan juga menjadi salah satu dampak dari penggunaan AC yang berlebih. Sebab formaldehide dan P-dichlorobenzene yang dikeluarkan AC dalam udara dapat menghambat masuknya oksigen pada tubuh melalui saluran pernafasan. Dehidrasi juga menjadi dampak dari penggunaan AC, karena suhu ruangan yang dingin atau sejuk dapat membuat kulit menjadi kering dan cairan pada tubuh terabsorpsi sehingga terasa haus dan dehidrasi.

Penggunaan Air Conditioner sejatinya diperbolehkan asalkan tidak berlebihan. Meskipun udara yang dikeluarkan sejuk namun bukanlah udara alami yang diproduksi oleh alam yang lebih sehat. Banyak dampak yang bisa ditimbulkan yang merugikan tubuh apabila kita tidak berhati – hati dan bijak dalam menggunakannya. Maka dari itu, pergunakanlah AC sesuai kebutuhan Anda, seperti saat cuaca sedang terasa panas sekali dan tidak menggunakannya setiap hari, apalagi saat tidur yang menghabiskan waktu lama.

Related posts: