by

Hukum Membaca Doa Qunut Saat Subuh dan Witir

doa qunutAnda mungkin pernah bertanya-tanya mengenai hukum membaca doa qunut saat subuh maupun witir. Jika iya, informasi di bawah ini bisa jadi sebuah jawaban untuk pertanyaan Anda. Qunut yang dibaca pada saat subuh dan witir ternyata dipandang berbeda-beda oleh setiap ulama, namun hal ini tentunya tidak membuat kita lantas menyalahkan madzhab yang satu dengan yang lainnya. Nyatanya Anda bisa memiliki kepercayaan masing-masing dan benar atau salahnya tentu tergantung Anda masing-masing. Sebagian ulama telah menyebutkan bahwa membaca qunut saat subuh merupakan suatu sunnah muakad namun sebagian yang lain menganggap tidak demikian. Untuk lebih jelasnya mari simak infonya berikut ini.

Inilah Hukum Membaca Doa Qunut Saat Subuh dan Witir

Ada empat pandangan mengenai hukum membaca qunut saat shalat. Yang pertama adalah menurut para ulama Hambali. Menurut para ulama ini, qunut dihukumkan untuk digunakan dalam shalat witir saja dan tidak dihukumkan untuk dibaca pada shalat lain kecuali jika mengalami suatu musibah atau bencana. Sedangkan bagi ulama Hanafiyyah, doa qunut dibaca pada shalat witir dan juga shalat subuh. Kemudian, menurut para ulama Hanafiyyah, qunut nazilah atau qunut yang dibaca saat terjadi musibah, tidak perlu dibaca jika kaum muslim shalat sendirian. Dalam hal ini, qunut nazilah hanya perlu dibaca saat shalat subuh berjamaah saja.

Disisi lain, para ulama Syafi’iyyah juga memiliki pandangan yang berbeda mengenai hukum membaca qunut saat shalat. Menurut mereka, qunut tidak dibaca kecuali saat shalat subuh dan juga tidak dibaca pada shalat witir kecuali pada saat setengah akhir dari bulan suci Ramadhan. Dan selain itu, membaca qunut juga bisa dilakukan saat kaum muslim mengalami musibah sebagai sebuah qunut nazilah. Sedangkan ulama Malikiyyah memiliki pandangan bahwa berdoa qunut bisa dibaca saat shalat subuh saja dan tidak ada qunut yang diwajibkan untuk shalat witir maupun shalat lainnya. Demikianlah sedikit informasi mengenai hukum membaca doa qunut pada saat shalat subuh dan witir. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Related posts: