by

Ingin Buka Usaha Makanan? Pertimbangkan Hal ini

Makanan merupakan salah satu bidang usaha yang paling diminati oleh para wirausaha. Hal ini dikarenakan makanan merupakan salah satu bentuk kebutuhan pokok manusia. Sehingga bisnis makanan dianggap menjanjikan, karena pada dasarnya kita semua butuh makan. Berbagai jenis variasi kuliner pun diciptakan untuk memulai bisnis ini.

Baca Ini Bagi Anda Yang Ingin Membuka Peluang Usaha Bidang Kuliner

Bagi Anda yang ingin memulai usaha Anda dalam bidang kuliner. Walaupun menjanjikan, bukan berarti Anda tidak harus memikirkan resiko yang dapat Anda alami. Berikut ini yang harus Anda pertimbangkan sebelum membuka usaha di bidang kuliner.

  • Bahan baku mudah basi

Hal ini merupakan masalah besar bagi wirausaha kuliner, karena jika bahan baku basi secara otomatis Anda mengalami kerugian. Lalu bagaimana mengatasinya? Jika Anda terpaksa atau memang melihat peluang yang bagus untuk bisnis kuliner dengan bahan baku demikian. Cobalah Anda membuat makanan di mana berprinsip pada kalimat lebih baik habis daripada basi. Sediakanlah makanan sesuai dengan target pelanggan Anda per harinya sehingga tidak ada yang terbuang sia-sia dan menjadi basi.

Atau bagi Anda yang pemula, cobalah terlebih dahulu secara pre order tanpa membuat tempat tertentu. Anda hanya akan membeli bahan baku dan membuat porsi makanan sesuai dengan pesanan saja. Hal ini akan meminimalisir kerugian untuk Anda. Cobalah untuk pre order terlebih dahulu sehari sebelum barang diantar ke pelanggan.

  • Sesuaikan harga dengan jenis makanan

Jika Anda menjual makanan tradisional, janganlah Anda menjualnya dengan harga yang terlalu tinggi. Sebab Anda akan kalah dengan jajanan tradisional yang dijual di pasar dengan harga yang murah bahkan jauh dari harga yang Anda jual. Hal ini akan membuat pelanggan Anda sepi, walaupun sedemikian rupa Anda melakukan inovasi.

Jika Anda menjual makanan modern, lebih baik Anda jual dengan harga sedikit di bawah pasaran makanan modern tetapi tanpa mengurangi rasa. Untuk pemula lebih baik bermain kuantitas, untung sedikit tetapi pembeli ramai.

Demikian tips untuk Anda yang ingin membuka usaha di bidang kuliner. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Related posts: