by

Lagu Indonesia Raya Dan Kisah Yang Menyertainya

lagu indonesia rayaLagu Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan tentu memiliki sejarah tersendiri. Sejarah ini meliputi peristiwa apa yang terjadi saat proses lagu diciptakan sampai resmi diperdengarkan. Seperti yang saya ketahui bahwa lagu ini diperdengarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 di depan peserta umum Kongres Pemuda II secara Instrumental dengan menggunakan biola. Dengan demikian berarti saat lagu mulai diperkenalkan, Indonesia belum berdiri berdaulat sebagai sebuah negara yang merdeka. Oleh karena itu pasti banyak terjadi peristiwa sebagai bukti ketidaksukaan atau bahkan kekhawatiran dari pihak penjajah (belanda). Karena lagu ini dianggap berpengaruh terhadap lahirnya pergerakan nasionalisme seluruh nusantara yang  mampu mengancam keberadaan belanda saat itu.

Hal-Hal Yang Terjadi Saat Lagu Indonesia Raya Diperdengarkan Pertama Kali

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa lagu Indonesia Raya pertama kali diperdengarkan sebagai penanda lahirnya pergerakan nasionalisme seluruh nusantara. Hal ini tentunya membuat penjajah (belanda) khawatir akan mengancam keberadaan mereka di Indonesia. Teks lagu ini dipublikasikan oleh surat kabar Sin Po untuk pertama kalinya. Dan untuk rekaman lagunya dimiliki oleh seorang pengusaha yang bernama Yo Kim Tjan. Kekhawatiran belanda dengan diperdengarkannya lagu ini terlihat dengan melarang penyebutan lagu kebangsaan untuk lagu tersebut. hal ini tidak menggoyahkan tekad para pemuda untuk tetap menyanyikan lagu tersebut dan tetap menganggap lagu tersebut sebagai lagu kebangsaan Indonesia. Bahkan lagu ini sering dinyanyikan pada berbagai pertemuan politik.

Karena kekhawatiran yang ditimbulkan oleh pengaruh lagu kebangsaan tersebut belanda akhirnya memburu W.R. Soepratman selaku pencipta lagu. Beliau selalu menghindar dari kejaran belanda hingga pada akhirnya di tahun 1938, beliau berhasil menyiarkan lagu berjudul “Matahari Terbit” yang disiarkan di jalan Embo Malang. Karena hal inilah beliau akhirnya benar-benar tertangkap dan dijebloskan ke penjara. Karena kondisi kesehatan yang semakin menurun akhirnya beliau tutup usia pada tanggal 17 Agustus 1938 dengan tetap memperjuangkan lagu kebangsaan Indonesia tersebut. Demikian adalah peristiwa-peristiwa yang mengiringi terciptanya lagu Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan Indonesia tercinta.

Related posts: