by

Langkah-langkah Dalam Hindari Penyakit Hipertensi

tips kecantikanHipertensi atau penyakit darah tinggi ini, sekarang tidak diderita orang tua saja, namun seorang remaja ataupun orang dewasa saja telah banyak yang mengidapnya. Hal tersebut memang sangat memungkinkan untuk terjadi, mengingat sekarang masyarakat banyak yang sembarangan dalam menkonsumsi makanan sehari-harinya. Padahal jika seseorang sudah mengidap hipertensi, itu sangat berbahaya. Pasalnya hipertensi akan berkaitan erat dengan yang namanya stroke serta penyakit jantung. Oleh karena itu, hindarilah hipertensi mulai sekarang. Anda bisa menggunakan berbagai macam langkah agar bisa menghindarinya. Untuk langkah utama, hindarilah makanan dengan rasa yang terlalu asin. Makanan terlalu asin membuat ada banyak tumpukkan garam dalam tubuh, sehingga hipertensi pun akan muncul.

Langkah kedua, janganlah terlalu sering mengonsumsi makanan yang bisa memicu tekanan darah meningkat. Beberapa contoh makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah itu seperti daging kambing, kemudian buah durian, minum-minuman beralkohol dan sebagainya. Langkah ketiga, jangan sering konsumsi makanan dengan tingkat kandungan lemak yang tinggi. Ketahuilah bahwa hipertensi juga bisa disebabkan karena kolesterol yang tinggi. Kolesterol tinggi diakibatkan karena makanan berlemak. Sehingga Anda harus mengontrol konsumsi makanan berlemak seperti goreng-gorengan, daging dimasak rendang dan lain-lain. Memang makanan tersebut sangatlah enak untuk disantap, namun cukup membahayakan bagi tubuh orang. Selain itu langkah yang ketiga, lakukanlah olahraga sebagai penyeimbang.

Bagaimana maksudnya? Ketika Anda sesekali konsumsi gorengan atau makanan berlemak, maka imbangi dengan olahraga. Hanya dengan berolahraga, lemak-lemak dalam tubuh bisa hancur dan menghilang. Kemudian Anda juga perlu memperbanyak buah-buahan dengan kandungan air banyak, serta buah-buahan. Kandungan air dalam buah dan sayur tentu bermanfaat dalam melunturkan lemak yang tertumpuk dalam tubuh. Kemudian untuk langkah hindari hipertensi yang terakhir, stabilkan berat badan Anda. Apabila berat badan telah melebihi dari batas normal, maka Anda lebih berpeluang untuk mengidap hipertensi. Sehingga jika Anda merasa bahwa berat badan sudah melebihi normal alias obesitas, segeralah melakukan berbagai upaya agar berat badan bisa segera menurun dan berada dikisaran normal.

Related posts: