by

Metode Budidaya Tanaman Mudah Dengan Menanam Tanaman Hidroponik

tanaman hidroponikHidroponik adalah metode bercocok tanam-tanaman tanpa menggunakan tempat atau media dari tanah, tetapi dengan menggunakan sebuah larutan dari mineral bernutrisi dan bahan lain yang terkandung unsur hara contohnya serat mineral, pecahan batu bata, sabut kelapa, pasir, serbuk kayu, dan bahan lainnya untuk substitusi media lahan atau tanah. Bertanam tanaman hidroponik ini dapat dilakukan kecil-kecilan di rumah Anda sebagai suatu kegemaran/hobi ataupun secara skala besar-besaran bertujuan komersial.

Kelebihan dari Tanaman Hidroponik

Ada beberapa kelebihan dari tanaman yang dibudidayakan dengan sistem hidroponik ini. Salah satunya yaitu teknik ini ramah lingkungan, sistem hidroponik tidak menggunakan unsur obat hama atau pestisida yang bisa merusak tanah, sistem ini hanya menggunakan air 1/20 dari jumlah air pada kebutuhan tanaman biasanya, juga mengurangi karbon dioksida karena tidak menggunakan mesin atau kendaraan. Kelebihan lainnya yaitu tanaman hidroponik ini tidak dapat merusak lahan atau tanah karena memang tidak menggunakan tanah dan juga sistem ini tidak butuh tempat luas. Sistem ini dapat memeriksa akar dari tanaman secara periodik, hal ini untuk memastikan pertumbuhan tanaman.

Kelebihan selanjutnya yaitu pemakaian air akan lebih efisien, penyiraman air tidak dilakukan tiap hari karena media dari larutan mineral yang digunakan selalu tersedia pada wadah tanam. Hasil dari tanaman bisa kita makan keseluruhan termasuk dari akarnya karena bebas dari hama dan kotoran. Sistem hidroponik pastinya hemat karena kita tidak perlu menyiram air tiap hari, sistem ini tidak membutuhkan tempat lahan yang banyak, dan media tanaman ini bisa dibuat bertingkat. Kelebihan lainnya yaitu pertumbuhan tanaman akan lebih cepat dan juga kualitas dari hasil tanaman tetap terjaga, bisa menghemat biaya pemakaian pupuk tanam, tidak terlalu memerlukan banyak tenaga pekerja, lingkungan kerja menjadi lebih bersih, tidak terdapat masalah penyakit dan hama tanaman yang berasal dari bakteri, cacing nematoda, dan kulatĀ  yang terdapat di dalam tanah. Bisa ditanam di tempat mana saja bahkan di garasi atau tempat lainnya, dapat ditanam pada waktu apa saja karena tanaman hidroponik tidak terpaku oleh musim.

Related posts: