by

Penerapan Cat Rumah pada Kusen

Cat rumahCat rumah adalah salah satu produk bahan bangunan yang memberi warna pada rumah Anda. Warna merupakan komponen penting dalam seni rupa di samping bentuk dan efek. Untuk menghias rumah Anda, warna cat sangatlah penting dalam mempengaruhi keindahan rumah Anda. Ada beberapa bagian dalam rumah Anda yang bisa Anda cat dengan warna-warna pilihan Anda. Salah satunya adalah kusen. Memilih warna kusen haruslah dipadukan dengan warna dinding dan langit-langit, sehingga tampak keserasian dan keindahannya. Perpaduan warna cat kusen, langit-langit, dan dinding bisa mempengaruhi mood Anda serta keharmonisan keluarga Anda. Karena itu, pemilihan warna cat harus dilakukan sebaik mungkin. Setelah pemilihan selesai, untuk menerapkan cat pada kusen dengan hasil optimal, Anda bisa menggunakan cara berikut.

Cara Menerapkan Cat Rumah pada Kusen

Pertama, bersihkan kusen yang akan diberi cat rumah dari noda dan kotoran yang melekat, misalnya sisa semen saat memplester dinding. Gunakanlah kapek kayu, kemudian gosok dengan amplas sampai halus. Bersihkanlah permukaan kusen dari bekas amplas dengan kain ball politur atau limbah kaos. Oleskan campuran cat dasar kayu dengan thinner. Hal tersebut dilakukan agar plamur kayu akan melekat baik dan menyatu dengan kusen, sehingga cat finishing tidak mudah retak atau terkelupas. Pastikan bahan kayu untuk kusen yang akan dicat kering sempurna. Kayu kusen yang tidak begitu kering akan menghasilkan pengecatannya yang kurang baik, sehingga akan cepat retak-retak atau keriput.

Lakukan proses plamur kayu setidaknya dua hari setelah pemberian cat dasar. Lakukanlah secara teliti dan rapi sehingga menghasilkan permukaannya yang rata dengan pori-pori kayu tertutup sempurna. Setelah dua hari apabila lapisan plamur telah kering, gosoklah menggunakan amplas berukuran sedang. Jika masih ada pori-pori kayu yang terlihat lakukan plamur ulang. Setelah diamplas, lakukan pengecatan dengan cat dasar dicampur thinner yang lebih encer dari pengecatan dasar sebelumnya. Setelah itu, lakukan pengecatan finishing yang dicampur dengan thinner secukupnya. Setelah cat kering, ulangi pengecatan finishing 2 kali, sehingga total tiga lapis. Demikian cara mengecat kusen rumah Anda. Untuk membaca ulasan serupa, kunjungi http://www.avianbrands.com.

Related posts: