by

Tentang Prinsip Rpp Dan Silabus Sd Kelas 1 2 3 4 5 6 Kurikulum 2013

Silabus merupakan penjabaran suatu kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup standar kompetensi dan kompetensi dasar yang mencakup materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran serta indikator pencapaian kompetensi dalam penilaian. Jadi silabus merupakan berbagai rencana dan pengaturan dalam kegiatan belajar mengajar, pengelolaan kelas dan penilaian hasil belajar. Dalam penyusunan RPP dan silabus SD kelas 1 2 3 4 5 6 kurikulum 2013 kita mengetahui manfaat dari silabus adalah sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran mulai dari pembuatan, pengelolaan kegiatan dan pengembangan sistem pembelajaran.

Prinsip Pengembangan RPP Dan Silabus SD Kelas 1 2 3 4 5 6 Kurikulum 2013

Prinsip pengembangan silabus diantaranya ilmiah dimana keseluruhan kegiatan dan materi yang menjadi muatan dalam silabus harus benar-benar dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan. Yang kedua adalah relevan yang memiliki tingkat kesukaran dan urutan dalam penyajian materi sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, sosial, emosi, intelektual, dan spiritual anak didik. Yang ketiga adalah sistematik yang saling berhubungan baik secara fungsional dalam mencapai suatu kompetensi dalam setiap komponen silabus. RPP dan silabus SD kelas 1 2 3 4 5 6 kurikulum 2013 dalam prinsip pengembangan silabus yang keempat haruslah memadai dalam cakupan pengalaman belajar, materi pokok, serta sistem penilaian yang cukup dalam menunjang pencapaian kompetensi dasar.

Yang kelima adalah aktual dan kontekstual yang merupakan segala cakupan indikator dalam materi pokok yang harus memperhatikan perkembangan teknologi, ilmu dan seni mutakhir di dalam kehidupan nyata serta peristiwa yang terjadi. RPP dan silabus SD kelas 1 2 3 4 5 6 kurikulum 2013 dalam prinsip dasar pengembangan silabus selanjutnya adalah haruslah konsisten antara dasar kompetensi dengan berbagai indikator dalam materi pokok, pengalaman, sumber belajar dan sistem penilaian. Kemudian haruslah fleksibel karena harus dapat mengakomodasi berbagai perbedaan anak didik, pendidik serta berbagai perubahan yang terjadi disekolah maupun tuntutan masyarakat. Dan yang terakhir adalah komponen silabus haruslah mencakup ke seluruh daerah lingkungan kompetensi.

Related posts: