by

Tips Membuka Usaha Retail Beras

peluang usahaBeras merupakan makanan pokok orang Indonesia. Ada juga negara-negara yang menggunakan sagu, gandum, atau yang lain sebagai makanan pokok. Akan tetapi banyak juga negara-negara selain Indonesia yang menggunakan beras sebagai makanan pokok. Kandungan karbohidrat dalam beras menjadikannya sebagai sumber energi. Beras juga bermanfaat bagi jantung karena tidak memiliki kandungan lemak atau kolesterol yang berbahaya bagi jantung. Beras juga dapat mencegah darah tinggi, mencegah kanker, mencegah peradangan pada kulit, mencegah demensia, mencegah alzheimer, menjaga kesehatan organ pencernaan, serta berbagai manfaat lain. Walaupun tidak banyak orang yang memahami manfaat-manfaat tersebut, tapi rata-rata orang menggunakan beras sebagai makanan pokok. Oleh karena itu, usaha retail beras merupakan usaha yang bisa Anda coba untuk mendapatkan penghasilan.

Tips Sukses Membuka Usaha Retail Beras

Pilihlah lokasi yang akan Anda gunakan untuk retail beras. Anda bisa memilih rumah, pasar, atau ruko. Lakukan pengamatan untuk menentukan harga beras yang akan Anda jual. Perhatikan kondisi finansial masyarakat di sekitar Anda. Perhatikan juga selera beras orang-orang di sekitar Anda. Ada kalanya beras dengan harga yang sama, tetapi orang-orang berbeda seleranya. Hitunglah luas ruangan yang Anda gunakan untuk menyimpan beras untuk menentukan jenis-jenis beras yang akan Anda pajang. Gunakan rak untuk memperlihatkan sampel jenis-jenis beras yang Anda jual. Pahamilah jenis-jenis beras berdasarkan bentuknya, ukuran, kelembaban, warna beras, dan aroma beras.

Pilihlah supplier yang dekat dengan rumah Anda. Mengambil beras dari jarak jauh akan menambah biaya transportasi sehingga menurunkan keuntungan Anda. Simpanlah beras agar terhindar dari kutu. Anda bisa menempatkannya di sebuah tempat yang aman dan tertutup rapat. Anda juga sebaiknya sesekali membukanya agar tidak apek. Anda bisa memasukkan tumbukan jeruk purut ke dalam beras untuk menghindari datangnya kutu. Selain itu, daun belimbing wuluh yang dikeringkan, Daun asam jawa yang dikeringkan, lada kering, dan cabai kering juga dapat mencegah datangnya kutu beras. Hitunglah pendapatan Anda setiap bulannya. Gunakan pendapatan tersebut untuk membeli beras lagi, untuk memenuhi kebutuhan Anda, untuk menabung, dan untuk memberi.

Related posts: