by

Trik Untuk Memahami Perkembangan Emosi Anak

image_20180129_053116_39

Menjadi ibu merupakan anugerah yang diberikan oleh yang Maha Kuasa, oleh karena itu harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Dalam menjalankan peran sebagai ibu maka Anda harus mempunyai kesabaran yang ekstra terutama dalam mengasuh anak. Anak-anak yang masih kecil, polos dan suka bermain akan dididik seperti apa sesuai dengan ibunya. Jika ibunya mendidik dengan baik dan sabar maka anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Anak-anak seringnya mempunyai emosi yang berubah-ubah seperti cuaca. Sebagai ibu, Anda dapat melatih perkembangan emosi anak agar menjadi semakin baik. Berikut ini merupakan artikel yang wajib Anda baca agar Anda mempunyai pengetahuan mengenai emosi anak.

Ibu Wajib Tahu Mengenai Perkembangan Emosi Anak

Anak-anak memiliki tahapan perkembangan emosi anak yang harus Anda kenali dengan baik. Tahapan perkembangan pada aspek ini sangat penting agar orang tua dapat mengarahkan anaknya menjadi lebih baik. Anda harus dapat mengenali perkembangan anak Anda sejak dini, agar aspek emosi maupun sosial berjalan dengan baik. Anak-anak sudah umumnya mempunyai kemampuan mengenali, kemudian memahami serta mengendalikan emosi. Hal tersebut akan bermanfaat baginya hingga dewasa. Ciri perkembangan aspek tersebut tidak selalu sama untuk setiap anak. Ada anak-anak yang ketika kesal akan berperilaku melempar-lempar barang, diam saja atau bahkan ada yang menangis. Masing-masing anak mempunyai karakteristik masing-masing yang harus dipahami oleh orang tua.

Sebagai orang tua, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar dapat mengenal perkembangan emosi anak yaitu mengajak si kecil bermain. Hal tersebut karena bermain merupakan kebutuhan utama bagi anak, terutama jika mereka berusia 3 sampai 6 tahun. Dengan mengajaknya bermain bersama setiap hari maka Anda telah mendukung perkembangan aspek sosial maupun emosinya. Kegiatan bermain juga dapat membangkitkan inisiatif anak agar melakukan sesuatu. Selanjutnya Anda juga perlu untuk memecahkan masalah dengan si kecil. Biasanya anak akan menemui kesulitan dan bingung bagaimana untuk mengatasinya, di situasi seperti ini Anda dapat membimbing anak untuk menghadapi situasi tersebut yaitu dengan cara mengenali sumber masalah, kemudian memecahkannya bersama-sama.

Related posts: