by

Yang Harus Diketahui Dalam Belajar Elektronika

belajar elektronikaElektronik adalah ilmu yang mempelajari berbagai macam pengaplikasian komponen elektronik dalam melakukan analisis rangkaian elektronik. Belajar elektronika berarti mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan atau difungsikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat atau peranti yang digunakan. Karena arus lemah adalah yang paling mudah untuk diubah ke digital atau diskrit dimana sinyal yang terlibat pun juga bersifat digital atau diskrit.

Apa Saja Yang Harus Diketahui Dalam Belajar Elektronika?

Pertama yang harus diketahui dalam belajar elektronika adalah komponen elektronika yakni alat yang berupa benda dan menjadi suatu bagian pendukung dari suatu rangkaian elektronik, dan dapat bekerja sesuai kegunaannya. Komponen elektronika terdiri dari satu atau lebih bahan elektronika dan terdiri satu atau beberapa unsur dan jika disatukan, dipanaskan atau ditempelkan akan berubah sebagian sementara rangkaian elektronik adalah rangkaian yang dibentuk oleh komponen komponen elektronika pasif dan aktif yang berupa satu satuan untuk memproses isyarat. Ada berbagai macam rangkaian elektronika yaitu diklasifikasikan menurut tata letak komponennya. Terdiri dari rangkaian diskrit yaitu suatu rangkaian yang komponen-komponennya diletakkan di atas papan rangkaian seperti PCB (printed circuid board) dan hubungan tiap komponen dilakukan melalui konduktor, setiap komponennya berdiri sendiri sendiri sehingga ketika ditemukan terdapat komponen yang rusak akan mudah diganti komponennya. Selanjutnya yaitu rangkaian terintegrasi yakni rangkaian yang komponennya tercetak dalam kepingan silicon atau biasa disebut chip. Di dalam chip tersebut terdapat beribu ribu komponen, chip tersebut dikemas atau dibentuk dan diberi pin sebagai kaki sehingga menjadi peranti elektronika dan peranti ini sering disebut IC (integrated circuid).

Komponen pasif adalah komponen komponen elektronika yang tidak memerlukan tegangan atau pun arus listrik agar dapat bekerja, sedangkan komponen aktif adalah kebalikannya yakni memerlukan tegangan atau arus listrik untuk bekerja. Komponen pasif yakni resistor, kapasitor dan konduktor. Resistor adalah komponen dasar yang digunakan untuk membatasi arus. Setidaknya ini adalah hal yang perlu diketahui dalam belajar elektronika.

Related posts: